Rabu, 04 Maret 2015

BUSINESS PLAN



BUSINESS PLAN
UJIAN AKHIR PRAKTEK KEWIRAUSAHAAN
 “USAHA TERAS SINGKONG



Oleh :
SUMIATI (22)
XII AP 3

SMK NEGERI 1 PONOROGO
Jl. Jendral Sudirman No. 10 Kode Pos 63416
Telp. (0352) 481293 Fax. (0352) 462663


              Dengan mengucap puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kekuatan  lahir maupun batin kepada kita semua, dan atas berkat serta rahmatNya sehingga saya bisa menyelesaikan Business Plan Kewirausahaan ini dengan baik.

              Business Plan ini saya buat sebagai salah tugas akhir bagi siswa-siswi kelas 12 di SMK N 1 PONOROGO. Dalam bisnis  plan ini saya membuat berbagai perencanaan untuk mendirikan sebuah usaha. Berbagai perencanaan yang saya masukan dalam Bisnis Plan ini antara lain, perencanaan mengenai tempat usaha, berbagai alat-alat memasak yang dibutuhkan, bahan-bahan produksi yang akan dipakai, jumlah modal yang diperlukan, dan lain-lain. Adapun usaha yang saya buat dalam bisnis plan ini yaitu teras singkong.
             
              Tak lupa saya juga mengucapkan terima kasih kepada Ibu Dra. Hj. Dwi Kurnia selaku guru pembimbing kami dalam mata pelajaran Kewirausahaan, yang telah membimbing kami dengan baik.  Selain itu saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua teman-teman yang telah memberi dukungan satu sama lain.

              Bisnis Plan ini mungkin masih belum sempurna, oleh karena itu saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun dari semua pihak. Akhir kata saya mengucapkan terima kasih.



       Ponorogo,.......Maret 2014




       Penyusun
             
             
              



 



DAFTAR ISI

Kata pengantar....................................................................................................................          i
Daftar Isi.............................................................................................................................         ii

BAB 1     PENDAHULUAN
                 1.1 Latar Belakang..............................................................................................         1
                 1.2 Tujuan...........................................................................................................         1

BAB 2     PEMBAHASAN
                 2.1 Aspek Umum dan Struktur Organisasi.........................................................         2
                 2.2 Aspek Operasi / Produksi..............................................................................         2
                 2.3 Aspek Keuangan...........................................................................................         4
                 2.4 Aspek Pemasaran..........................................................................................         6

BAB 3     PENUTUP
3.1 Kesimpulan...................................................................................................         7
3.2 Saran.............................................................................................................         7


BAB 1
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
Usaha “Teras Singkong” ini merupakan usaha saya yang pertama. Saya mendirikan usaha “Teras Singkong” ini sebagai ajang pembelajaran bagi saya dalam berwirausaha. Dalam usaha “Teras Singkong” ini saya akan menyajikan berbagai menu makanan yang berbahan dasar singkong. Alasan saya memilih usaha teras singkong ini karena di desa saya belum terlalu banyak yang mendirikan usaha makanan dengan berbahan dasar singkong. Alasan lainnya yaitu karena harga bahan baku singkong yang cukup murah dan mudah didapat. Dan dengan usaha awal saya ini, saya berharap bahwa kedepannya bisa lebih mengembangkan sayap di dunia usaha. Usaha “Teras Singkong” ini juga merupakan sarana bagi saya untuk lebih mempopulerkan makanan yang berbahan dasar singkong kepada masyarakat di sekitar saya.


1.2    Tujuan
a.    Bisa mendirikan usaha dengan baik
b.    Mempermudah masyarakat sekitar dalam membeli makanan yang berbahan dasar singkong
c.    Bisa menambah penghasilan
d.   Sebagai ajang pembelajaran utuk mengembangkan usaha lebih besar lagi






BAB 2
PEMBAHASAN


2.1  Aspek Umum dan  Struktur Organisasi

a.      Nama, Jenis, Bentuk, dan Tempat Usaha

              Nama Usaha      : Teras Singkong
              Jenis Usaha       : Perdagangan
              Bentuk Usaha   : Industri
              Tempat Usaha   : Di depan rumah saya
                                           Jalan Sunan Gunung Jati No. 1 RT 02 / RW 02
                                           Desa Ciluk, Kec. Kauman, Kab. Ponorogo



b.      Visi dan Misi Usaha
        
v  Visi Usaha
“Menjadikan usaha yang mempunyai peranan yang besar
bagi semua kalangan masyarakat”


      
v  Misi Usaha
“Dapat mengembangkan usaha yang unggul, kreatif, inovatif
dan memberikan kepuasan bagi semua orang”



2.2  Aspek Operasi / Produksi
      
a.      Rencana Produk
      
              Produk yang akan saya buat yaitu berbagai makanan ringan yang terbuat dari singkong. Rencananya saya setiap hari akan memproduksi berbagai makanan ringan sebanyak 150 buah. Berbagai makanan ringan tersebut akan saya kemas dengan menggunakan kotak snack tetapi di dalam kotak snack itu akan saya beri daun singkong agar makanannya tidak terkontaminasi langsung dengan kotak snack yang terbuat dari kertas. Kemudian berbagai makanan ringan yang akan saya produksi tersebut akan ada berbagai inovasi diantaranya singkong keju, singkong rasa coklat, kecombro, stick singkong serta utri.

b.      Kebutuhan Alat-alat, Mesin, Sarana, dan Prasarana

v  Alat-alat masak

Ø Pembelian Alat-alat masak

No.
Jenis Barang
Jumlah Barang
Harga Satuan
Jumlah Harga
1.
Alat masak
1 paket
Rp. 750.000,-
Rp.   750.000,-
2.
Kompor gas besar
1 buah
Rp. 350.000,-
Rp.   350.000,-
3.
Tabung gas 12 kg
1 buah
Rp. 130.000,-
Rp.   130.000,-
Jumlah
Rp. 1.230.000,-


v  Sarana dan Prasarana

Ø  Biaya Pembelian Gerobak, Banner, Pamflet, dan Kursi Plastik

No.
Nama Barang
Jumlah Barang
Harga Satuan
Jumlah Harga
1.
Gerobak penjualan
1
Rp. 300.000,-
Rp. 300.000,-
2.
Banner penjualan
1
Rp. 150.000,-
Rp. 150.000,-
3.
Pamflet
1
Rp. 100.000,-
Rp. 100.000,-
4.
Kursi Plastik
5
RP.   50.000,-
Rp. 250.000,-
Jumlah
Rp. 800.000,-


c.       Proses Produksi

Ø  Kebutuhan Bahan Baku

Jenis Barang
Jumlah
Harga @ kg
Jumlah
Singkong
10 kg
Rp. 2.000,-
Rp. 20.000,-
      

Ø  Kebutuhan Bahan Penolong

Jenis Barang
Jumlah
Harga @ kg
Jumlah
Minyak goreng
1 kg
Rp. 14.000,-
Rp. 14.000,-
Keju
2 bungkus
Rp. 10.000,-
Rp. 20.000,-
Gula Jawa
1 bungkus
Rp.   6.000,-
Rp.   6.000,-
Susu coklat
3 sachet
Rp.   6.000,-
Rp.   6.000,-
Jumlah
Rp. 46.000,-
Ø  Proses Pembuatan

Untuk proses pembuatannya ada yang direbus sekaligus digoreng kemudian dikasih keju, susu coklat yang disebut singkong keju. Selain itu ada juga yang hanya diparut kemudian dibuat utri, ada juga singkong yang diparut dulu kemudian dibentuk bulat-bulat dan diisi gula jawa didalamnya, yang disebut sebagai kecombro. Kemudian ada juga yang hanya diiris kecil – kecil berbentuk panjang kemudian digoreng dan dibumbui asin yang disebut sebagai stick singkong. Dan menu yang lainnya yaitu singkong yang dikasih coklat, yang disebut sebagai singkong coklat.


2.3  Aspek Keuangan
      
a.      Penetapan Harga Jual
               
§  BBB                                             Rp.      20.000,-
§  BP                                                Rp.      46.000,-
§  TK                                                Rp.    250.000,-
§  BOP :                                          
-       Bahan Bakar                            Rp.    140.000,-
-       Alat Pengemas Makanan         Rp.    100.000,-          
-       Listrik                                      Rp.      25.000,- / bulan
-       Penyusutan Alat                      Rp     200.000,-
                                      HPP        Rp.    781.000,-
                                      Laba       Rp.    400.000,-
                            Harga Jual        Rp. 1.181.000,-

Harga Jual Per Unit = Harga Jual Keseluruhan = 1.181.000,- = Rp. 7.800,-
Jumlah Produksi                150


b.      Rencana   Anggaran Biaya

RENCANA ANGGARAN BIAYA
“TERAS SINGKONG”

v  Biaya Pembelian Alat-alat Masak

No.
Jenis Barang
Jumlah Barang
Harga Satuan
Jumlah Harga
1.
Alat masak
1 paket
Rp. 750.000,-
Rp.   750.000,-
4.
Kompor gas besar
1 buah
Rp. 350.000,-
Rp.   350.000,-
5.
Tabung gas 12 kg
1 buah
Rp. 130.000,-
Rp.   130.000,-
Jumlah
Rp. 1.230.000,-

v  Biaya Pembelian Sarana dan Prasarana

No.
Jenis Barang
Jumlah Barang
Harga Satuan
Jumlah Harga
1.
Gerobak penjualan
1
Rp. 300.000,-
Rp. 300.000,-
2.
Banner penjualan
1
Rp. 150.000,-
Rp. 150.000,-
3.
Pamflet penjualan
1
Rp. 100.000,-
Rp. 100.000,-
4.
Kursi plastik
5
RP.   50.000,-
Rp. 250.000,-
Jumlah
Rp. 800.000,-

v  Pembelian Bahan Baku

Jenis Barang
Jumlah
Harga @ kg
Jumlah
Singkong
10 kg
Rp. 2.000,-
Rp. 20.000,-

v  Pembelian Bahan Penolong

Jenis Barang
Jumlah
Harga @ kg
Jumlah
Minyak goring
1 kg
Rp. 14.000,-
Rp. 14.000,-
Keju
2 bungkus
Rp. 10.000,-
Rp. 20.000,-
Gula Jawa
1 bungkus
Rp.   6.000,-
Rp.   6.000,-
Susu coklat
3 sachet
Rp.   6.000,-
Rp.   6.000,-
Jumlah
Rp. 46.000,-

v  Biaya Over Head Pubic (BOP)

No.
Jenis Biaya
Jumlah
Harga  Satuan
Jumlah Harga
1.
Bahan Bakar Gas
-
Rp. 140.000,-
Rp. 140.000,-
2.
Listrik
-
Rp.   25.000,- / bulan
Rp.   25.000,-
3.
Plastik
2 pack
Rp.   5.000,-
Rp.   10.000,-
4.
Kotak snack
1 pack
Rp. 20.000,-
Rp.   20.000,-
5.
Daun Pisang
1 bendel
Rp.   8.000,-
Rp.     8.000,-
6.
Piring Plastik
2 lusin
Rp. 20.000,-
Rp.   40.000,-
7.
Sendok plastic
1 pack
Rp. 12.000,-
Rp.   12.000,-
8.
Penyusutan Alat
-
Rp. 200.000,-
Rp. 200.000,-
Jumlah
Rp. 455.000,-


c.       Rencana Anggaran Pendapatan

Jenis Produk
Total Penjualan
Harga Pokok
Harga Jual
Jumlah Harga Pokok
Jumlah Harga Jual
Aneka jajanan singkong
150
Rp. 5.100,-
Rp. 7.800,-
Rp. 765.000,-
Rp.1.170.000,-

            Saya mendapatkan semua biaya tersebut dari modal sendiri. Dimana saya diberi modal oleh orang tua saya utuk mendirikan usaha tersebut. Karena usaha saya ini tidak terlalu besar, maka saya memperoleh modalnya dari modal sendiri. Dan modal itu akan saya kembangkan lagi agar bisa mendapatkan keuntungan sehingga semua modal awal tersebut dapat kembali.


2.4  Aspek Pemasaran

a.      Penetapan Pelanggan, Sasaran, dan Jangkauan Pemasaran

v  Pelanggan awal yang menjadi sasaran
-  Masyarakat setempat
-  Anak-anak sekolah
-  Orang yang lewat di sekitar rumah

b.      Program dan Strategi Penjualan
·         Tempat Penjualan
-   Tempatnya strategis
-   Dekat jalur transportasi
-   Mudah dijangkau konsumen

·         Program dan Strategi Penjualan
-   Pemberian potongan harga kepada pelanggan yang membeli dalam jumlah banyak

c.       Target Volume Penjualan

Jenis
Penjualan
1 kali produksi X
 1 Minggu
1 kali produksi X 1 bulan
Aneka makanan ringan dari singkong
1.050 buah dengan berbagai jenis
4.500 buah dengan berbagai jenis


BAB 3
PENUTUP


3.1  Kesimpulan
      
                 Dengan adanya usaha teras singkong ini saya berharap bisa mendirikan usaha dengan baik. Selain itu usaha teras singkong ini saya tujukan agar masyarakat lebih mudah dalam membeli makanan yang berbahan dasar singkong. Dan usaha teras singkong ini juga untuk menambah pengahasilan bagi saya. Usaha teras singkong ini juga merupakan ajang pembelajaran untuk saya dalam mengembangkan usaha yang lebih besar lagi.



3.2 Saran

                 Agar usaha teras singkong ini bisa lebih berkembang, maka saya harus memmbuat inovasi-inovasi terbaru yang beda dari usaha yang lainnya. Salah satu hal yang mungkin bisa saya lakukan yaitu membuat menu-menu makanan dari singkong yang lebih banyak. Selain hal tersebut saya juga harus meningkatkan mutu dan kualitas barang agar para konsumen tidak bosan untuk membeli.














Tidak ada komentar:

Posting Komentar